Thursday, 11 September 2014

Slide pertama

  1. Buat tulisan atau gambar sebanyak menu yang kita buat (bila dalam bentuk tulisan sebaiknya gunakan Word Art atau Text Box yang terpisah satu dengan yang lainnya). Biar tampak rapi upayakan teks box atau gambarnya dibuat dengan ukuran yang sama.
  2. Tempatkan gambar atau teks box berjajar dari kiri ke kanan tanpa jarak.
  3. Pilih semua gambar yang akan dijadikan menu (drag semua) kemudian kita group, sekarang kita sesuaikan gambar hasil group dengan panjang stage pada slide, panjang gambar hasil group harus sama dengan panjang stage pada power point, untuk itu kita bisa tarik keluar atau dorong kedalam agar sama dengan panjang stage.
  4. Menu yang kita buat pada langkah no 3 kita copy, sehingga sekarang kita memiliki 2 gambar menu yang sama.
  5. Pada gambar menu yang pertama kita beri animasi fly In, Direction from
    right
    dangan speed 15 second biar tidak terlalu cepat, dengan pengulangan terus menerus
  6. Caranya klik gambar pertama masuk menu slide show pilih ‘menu custom animation’, klik ‘add effect’ pilih ‘entance’ dan cari animasi ‘Fly In’, pilih ‘start with previous’, dengan ‘direction from right’, dengan ‘speed’ ketik angka 15 biar nggak terlalu cepat, kemudian pada ‘repeat’ pilih ‘until end of slide’
  7. Pada gambar menu yang kedua kita beri animasi ‘fly out’, ‘Direction to left’ dangan ‘speed’ 15 second biar sama dengan kecepatan gambar pertama, dengan pengulanagn terus menerus
  8. Caranya klik gambar pertama masuk menu ‘slide show’ pilih ‘menu custom animation’, klik ‘add effect’ pilih ‘exit’ dan cari animasi ‘Fly Out’, pilih ‘start with previous’, dengan
    ‘direction to left’
    , dengan ‘speed’ ketik angka 15 biar sama dengan kecepatan gambar pertama, kemudian pada ‘repeat’ pilih ‘until end of slide’.
  9. Sekarang tumpuk gambar pertama dan kedua kemudian jalankan dengan slide show, gambar menu akan berjalan dari kiri kekanan secara terus menerus. Layaknya teks berjalan seperti di televisi hehehe.

Pada Slide Kedua:

  1. Buat slide kedua dengan jalan ‘insert new slide’
  2. ‘Copy ‘ 1 gambar menu yang ada di slide pertama, kemudian hilangkan semua animasinya, dengan jalan klik gambar yang dihilangkan animasinya kemudian pilih ‘slide show’ pilih ‘custom animasi ‘pada task pane (menu yang dikanan) pilih ‘remove’.
  3. Sekarang kita lepas group menu pada slide ke dua, dengan jalan klik kanan gambar menu kemudian pilih ‘grouping’ dan pilih ‘ungroup’.
  4. Masing-masing menu sudah bisa di beri navigasi dengan jalan slide show kemudian pilih ‘action setting’ pilih menu ‘hyperlink to’ pilih nomer slide yang mau dihubungkan, lakukan pada menu-menu yang lain.
5. Sekarang di coba di slide show, menu diam dan bila kita dekati dengan mouse berubah menjadi tangan. Kemudian kita juga harus tambahkan halaman yang menjadi tujuan pada menu navigasi slide kedua ini.

Menghubungkan slide pertama dan kedua.




1. Pada slide pertama, diatas dan dibawah menu kita pasang jebakan untuk memaksa mouse pindah ke slide kedua jika mendekati menu.

  1. Jebakan bisa berupa kotak memanjang yang kita buat transparan sampai sekitar 96%, atau gambar hisan lain.
  2. Cara membuat jebakan dengan jalan kotak memanjang atau kita klik hiasankemudian pilih ‘slide show’ pilih ‘action setting’, pilih ‘Mouse Over’ kemudian pada hiperlink to pilih ke slide ke dua.
4. Pada slide kedua juga kita beri jebakan yang sama hanya mose overnya kita arahkan ke slide satu.
Selesai.